Hadits ke-1 : Memberikan Nasihat



حَدَّثَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ الْمُؤَذِّنُ، حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ، عَنْ سُلَيْمَانَ يَعْنِي ابْنَ بِلَالٍ، عَنْ كَثِيرِ بْنِ زَيْدٍ، عَنِ الْوَلِيدِ بْنِ رَبَاحٍ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «الْمُؤْمِنُ مِرْآةُ الْمُؤْمِنِ، وَالْمُؤْمِنُ أَخُو الْمُؤْمِنِ، يَكُفُّ عَلَيْهِ ضَيْعَتَهُ، وَيَحُوطُهُ مِنْ وَرَائِهِ» 
Telah menceritakan kepada kami Ar-Rabi’ Ibn Sulaiman Al-Muaddzin, telah menceritakan kepada kami Ibn Wahb, dari Sulaiman yaitu Ibn Bilal, dari Katsir Ibn Zaid, dari Al-Walid ibn Rabah, Dari Abi Hurairah, dari rasulullah Saw beliau bersabda: “ Seorang mukmin adalah cermin bagi mukmin yang lainnya, dan seorang mukmin adalah saudara bagi mukmin lainnya, (Dia) menahan (tidak merusak) atas harta miliknya, dan menjaga kepentingannya".

B. Takhrij Hadits
- Ibn Wahab, dalam kitabnya Al-Jami’ Al-Hadits li Ibn Wahab, dalam bab  Al-Ikha Fillah. Hadits No. 203 & 237.
- Bukhari, dalam kitabnya Al-Adabul Mufrad, dalam bab Al-Muslimu Miratu Akhihi. Hadits No. 237 & 238.
- Al-Bazari, dalam kitabnya Musnad Al-Bazari Al-Mansyur bi Ismi Al-Bahri Az-Zahari, dalam bab Musnad Abi Hamzah Anas Ibn Malik. Hadits No. 8109.
- Ath-Thabrani, dalam kitabnnya Makarim Al-Akhlaq li Ath-Thabrani, dalam bab Mu’awwinah Al-Muslimin wa As-Sa’i Fi Hawaizihim. Hadits No. 92.
- Al-Baihaqi, dalam kiatabnya Al-Adab lil Baihaqi, dalam bab Ta’awanu ‘Ala Al-birri wa At-Taqwa, Hadits No. 90.
- Al-Baihaqi, dalam kitabnya As-Sunan Al-Kubra, dalam bab Ma Fii Syafa’at wa Adz-dzab ‘an ‘Aradh  Akhihi. Hadits No. 16681.
- Al-Baihaqi, dalam kitabnya Syu’ab Al-Iman, dalam bab At-Ta’awanu ‘Ala Al-birri wa At-Taqwa. Hadits No. 7239.

C. Derajat Hadits
     Menurut Al-Bani, Derajat Hadits ini adalah Hasan.

D. Fiqih Hadits
1.      Setiap muslim wajib saling menasihati satu sama lainnya.
2.   Hendaknya seseorang memberikan nasihat secara diam-diam, tidak terang-terangan di hadapan orang lain.
3.     Haramnya menasihati jika maksudnya ialah untuk membuka aib atau merendahkannya, karena hal itu akan mempermalukannya.


E. Fawaid Hadits
1.    Nasihat merupakan perkara yang sangat agung bagi setiap muslim.
2. Nasihat itu seperti berlian. Berharga jika disampaikan dengan baik. Dan menyakitkan bila dilemparkan langsung ke muka.

Komentar